RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah
: SMP
Mata
pelajaran : IPA
Kelas/Semester : VII / 1
Alokasi
Waktu : 5 JP
A.
Kompetensi
Inti (KI
1. Berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianut
2. Menghargai dan menghayati perilaku,
jujur, disiplin, peduli (toleransi, gotong royong) santun, percaya diri dalam
3. Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3. 5. Memahami konsep energi,
berbagai sumber energi, dan perubahan bentuk energi dalam kehidupan sehari-hari termasuk fotosintesis
|
3.5.1. Menjelaskan konsep enrgi dan sumber-sumber energy
3.5.2. menjelaskan perubahan energi yang
terjadi di alam dan dalam tubuh
3.5.3. menjelaskan konsep fotosintesis
|
4.5. .Menyajikan hasil percobaan tentang
perubahan bentuk energi termasuk fotosintesis
|
4.1.1.
menyajikan hasil pengamatan, inferensi dan mengkomunikasikan hasil
|
D.
Tujuan
pembelajaran
3.5.1.1.
menjelaskan konsep energi
3.5.1.2.
menjelaskan sumber-sumber energi
E.
Materi
Pembelajaran
Pertemuan ke -1
1. Materi pembelajaran reguler
Konsep
Energi
-
Pengertian
energy:
energi adalah kemampuan untuk melakukan usaha (kerja) atau melakukan perubahan.
Energi memiliki berbagai bentuk
-
Energi
potensial : yaitu energi yang dimiliki benda karena kedudukanya atau posisi
benda tersebut. Energi potensial dibagi menjadi dua yaitu energi potensial
gravitasi dan energi potensial elastis.
-
Pada
energi potensial grafitasi besarnya energi dipengaruhi oleh massa benda dan
ketinggian. Dan dirumuskan Ep = m.g. h
Dimana
Ep = energi potensial, m = massa benda dan h = ketinggian benda.
-
Energy potensial
elastis yaitu energi yang tersimpan suatu benda karena elastisitas benda
tersebut.
-
Besarnya
enrgi potensial elastis dipengaruhi oleh gaya regang yang diberikan benda
tersbut.besarnya enrgi potensial elastis dapat ditulis dengan persamaan sebagai
berikut: Ep = ½ kDx2
-
Energi
kinetik adalah energi yang dimiliki suatu benda yang bergerak.persamaan energi
kinetik Ek = ½.m.v2
2. Materi pebelajaran pengayaan
Materi pengayaan bersifat mengembangkan peserta didik
berkaitan dengan fotosintesis pada tumbuhan
3. Materi pembelajaran remidial
Materi remedial dipersiapkan untuk program pengajaran
remedial difokuskan pada reaksi
fotosintesis
F.
Kegiatan
Pembelajaran
TAHAP
|
KEGIATAN
|
WAKTU
|
Pendahuluan
|
1)
Guru membuka
pelajaran dengan salam dan menyapa peserta didik.
2)
Guru
mempersilahkan ketua kelas untuk memimpin berdoa sebelum memulai pelajaran.
3)
Guru mengecek
kehadiran peserta didik.
4)
Mendemontrasikan
benda jatuh dari ketinggian tertentu dan meminta peserta didik untuk
mengungkap apa yang mereka lihat pada peristiwa itu
|
|
Kegiatan Inti
|
|
|
-
Mengamati
|
Siswa mengamati apa yang
didemontrasikan oleh guru
|
|
-
Menanya
|
Siswa diminta untuk membuat pertanyaan
setelah melihat demontrasi guru tentang benda jatuh
|
|
-
Mengumpulkan informasi
|
Siswa melakukan percobaan tentang
faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya energi potensial (bukusiswa halaman
191, gambar 5.2) percobaan menggunakan ketapel
|
|
-
Menalar
|
-
Berdasarkan percobaan diatas, siswa dapat
menemukan faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya energi potensial
-
Berdasarkan hasil studi pustaka siswa dapat
menyimpulkan
a)
apa itu
energi
b)
Energi kinetik
c)
Faktor-faktor yang mempengaruhi besar energi
kinetik
|
|
-
Mengkomunikasi
|
Mempresentasikan hasil percobaan di
depan kelas
|
|
Penutup
|
Siswa bersama guru menyimpulkan hasil
pembelajaran
|
|
G.
Penilaian
1. Penilaian Pengetahuan
a. Teknik Penilaian :
Tes Tulis
b. Bentuk
Instrumen : Isian singkat
c.
Kisi-kisi:
No.
|
Indikator
|
Nomor Soal
|
|
Mendefinisikan
pengertian energi
|
1
|
|
Menyebutkan
sumber-sumber energi tak terbaharui dan terbaharui
|
2
|
|
Menyebutkan
bentuk-bentuk energi
|
3
|
|
Menyebukan
faktor-faktor yang mempengaruhi energi potensial gravitasi
|
4
|
|
Menuliskan
persamaan pada energi potensial gravitasi
|
5
|
|
Dapat
menghitung besarnya energi pensial gravitasi jika diketahui massa dan
ketinggian benda
|
6
|
|
Menyebutkan
contoh energi potensial elastis
|
7
|
|
Menuliskan
persamaan pada energi potensial elastis
|
8
|
|
Menuliskan
persamaan pada energi kinetik
|
9
|
|
Menghitung
besar enrgi kinetik jika diketahui massa dan kecepatan benda
|
10
|
d.
Soal
1.
Kemampuan
untuk melakukan usaha (kerja) atau melakukan suatu perubahan disebut....
2.
Contoh
sumber energi tak terbahatui yaitu...sedangkan batu baterai merupakan contoh
sumber energi yang ....
3.
Air
terjun memiliki energi...sehingga mampu menggerakan turbin pada PLTA yaitu
energi.
4.
Energi
potensial dipengaruhi oleh massa benda dan....
5.
Pada
energi potensial berlaku persamaan Ep = ....
6.
Buah
kelapa yang memiliki massa 2 Kg jatuh dari ketinggian 10 meter, berapa energi
potensial yang dimiliki oleh buah kelapa tersebut jika percepatan gravitasi
ditenpat tersebut 10 m/s2?
7.
Energi
yang dimiliki oleh ketapel yang diregangkan merupakan contoh energi....
8.
Pada
energi potensial elastis berlaku persamaan....
9.
Pada
energi kinetik berlaku persamaan Ek = ....
10.
Bola
dengan massa 1 Kg ditendang dengan kecepatan 20 m/s, hitunglah besar energi
kinetik yang dimiliki bola tersebut!
f.
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1.
Energi
2.
Cahaya matahari-terbaharui
3.
Potensial
4.
Ketinggian
5.
m.g.h
6.
2000 Joule
7.
Energi potensial elastis
8.
Ep = ½ k X2
9.
Ek = ½.m.v2
10.
½.1. 20.20 =200 Joule
|
1
1
1
1
1
1
1
1
1
1
|
a
g.
Norma Penilaian
Nilai = 1 x 10 x 10 = 100
G.
Media, alat, bahan, sumber pembelajaran
1.
Media
2.
Alat dan
bahan
-
Ketapel
-
Penggaris/mistar
-
batu
3.
Sumber Belajar
a. Wahono, dkk. 2016. Buku Guru Ilmu
Pengetahuan Alam SMP/Mts Kelas VII. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan: hal 119
- 141.
b. Wahono, dkk. 2016. Buku
Siswa Ilmu
Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VII.
Edisi Revisi 2014. Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan: hal 190 – 202
c. Buku referensi lain yang relevan
LKS
A.
Judul : Apa yang Menentukan Besarnya
Energi Potensial?
B.
Tujuan : menentukan faktor-faktor yang memengaruhi
besarnya energi potensial.
C.
Alat dan Bahan
1. Penggaris panjang
2. Batu
2. Katapel
3. Meja
D. langkah-langkah kegiatan
1. Ambil sebuah katapel, kemudian letakkan batu pada
tempatnya.
2. Tarik karet katapel sejauh 10 cm dari keadaan semula.
Lepaskan pegangan
pada batu, sehingga batu terlempar ke depan (perhatikan
di depan kamu agar tidak membahayakan orang lain).
3. Berapa jauh batu terlempar dari awalnya? Coba ukur.
Isikan dalam tabel yang telah dibuat.
4. Ulangi langkah nomor 2 beberapa kali dengan jarak
tarikan karet katapel yang berbeda-beda. Isikan pada tabel.
5. Tulis dan simpulkan hasil percobaanmu.
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
BalasHapus