RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
SMP Negeri I Punggelan
Mata
Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam
Kelas
/ Semester : VII / 1
Materi : klasifikasi materi dan
perubahanya
Sub
materi : unsur,
senyawa dan campuran
Alokasi
Waktu : 3 JP
A.
Kompetensi
Inti
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya.
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun,
percayadiri, dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
4.
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, danmembuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain
yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi
Dasar
3.3.
Memahami konsep campuran dan zat tunggal (unsur dan senyawa), sifat fisika
dan kimia, perubahan fisika dan kimia
dalam kehidupan sehari-hari.
4.3.
Menyajikan hasil penyelidikan atau karya tentang sifat larutan, perubahan fisika
dan perubahan kimia, atau pemisahan campuran
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
Menjelaskan sifat fisika dan sifat kimia.
2. menggolongkan karakteristik
materi
3. menjelaskan unsur, senyawa dan
campuran
4. menjelaskan metode pemisahan
campuran
5. Menjelaskan sifat fisika dan
sifat kimia
6. Mendeskripsikan perubahan fisika dan perubahan kimia
D.
Tujuan Pembelajaran
1. Peserta Didik dapat menggolongkan
karakteristik materi
2. menjelaskan perbedaan unsur,
senyawa, dan campuran.
3. Peserta Didik dapat menyelidiki
bahan-bahan alam yang dapat dijadikan sebagai Indikator alami.
4. menjelaskan perbedaan berbagai
metode pemisahan campuran
5. menjelaskan aplikasi metode
pemisahan campuran dalam kehidupan sehari-hari.
6. membuat laporan mengenai hasil
percobaan tentang pemisahan campuran.
7. menentukan jenis benda atau zat
dengan membandingkan massa dan volume (massa jenis).
8. Mendeskripsikan perubahan fisika
dan perubahan kimia
E. Materi
Pembelajaran
Materi adalah sesuatu yang mempunyai massa dan dapat menempati
sebuah ruang. Ketika mengumpulkan sekelompok benda berdasarkan sifatnya, maka
langkah-langkah yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:
1) Mengamati karakteristik dari benda tersebut.
2) Mencatat persamaan dan perbedaan sifat benda masing-masing.
3) Mengklasifikasikan benda yang sesuai pada setiap kelompok benda
tersebut.
4) Memberi nama yang sesuai pada setiap kelompok benda tersebut.
Materi berdasarkan wujudnya dapat dikelompokkan menjadi zat
padat, cair dan gas. Berikut ini perbedaannya.
F.
Ilmu Pengetahuan Alam 65
G.
Tabel 3.1 Perbedaan sifat zat padat, cair, dan gas
SIFAT
|
PADAT
|
CAIR
|
GAS
|
Bentuk
|
Tetap
|
Berubah
sesuai tempatnya
|
Berubah
sesuai tempatnya
|
Volume
|
Tetap
|
Tetap
|
berubah
|
Susunan
partikel
|
Teratur
|
Tidak
teratur
|
Tidak
teratur
|
Gaya
ikat
|
Sangat
kuat
|
Agak
kuat
|
lemah
|
F. Kegiatan Pembelajaran 3 x 40 menit
LANGKAH
|
|
KEGIATAN
|
waktu
|
Pendahuluan
|
Apersepsi
|
-
Guru
melakukan apersepsi dan motivasi dengan menunjukkan kepada mereka beberapa
contoh wujud zat dan berbagai contoh unsur, senyawa, dan campuran dalam
kehidupan sehari-hari.
|
5
menit
|
Tujuan
|
-
menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dipelajari,
yaitu klasifikasi materi, unsur, senyawa, dan campuran.
|
5
menit
|
|
Penilaian
|
-
Guru
menyampaikan kepada Peserta Didik teknik penilaian
|
5
menit
|
|
Kegiatan
Inti
|
Mengamati
|
1.
Peserta Didik mengamati benda berwujud padat, cair, dan
gas.
|
45
menit
|
2.
Peserta
didik mengamati sesendok gula yang dimasukkan ke dalam segelas air dan
sesendok pasir yang dimasukkan ke dalam segelas air
|
|
||
Menanya
|
1.
Peserta
Didik membuat pertanyaan tentang apa yang telah diamati
|
|
|
Mengumpulkan data
|
1.
Peserta
Didik secara berkelompok melakukan pengamatan terhadap sesendok gula yang
dimasukkan kedalam segelas air kemudian diaduk dan sesendok pasir yang
dimasukkan ke dalam segelas air
|
|
|
2.
Guru
menyarankan kepada Peserta Didik untuk mempelajari buku siswa tentang materi
dan perubahannya
|
|
||
Mengasosiasi
|
1.
Peserta
Didik mendiskusikan hasil pengamatan tentang unsur, senyawa, dan campuran
|
|
|
2.
Peserta
Didik mengidentifikasi perbedaan unsur, senyawa, dan campuran.
|
|
||
3.
Peserta
Didik menjelaskan perbedaan campuran homogen dan campuran heterogen.
|
|
||
Mengkomunikasi
|
1.
Peserta
Didik mengomunikasikan hasil pengamatan serta menyebutkan perbedaan unsur,
senyawa, dan campuran.
|
|
|
Penutup
|
Menyimpulkan
|
1.
Guru,
bersama Peserta Didik menyimpulkan hasil percobaan yang telah dilakukan dan
menjawab pertanyaan di awal pembelajaran serta menyimpulkan perbedaan unsur,
senyawa, dan campuran
|
10
menit
|
G. Penilaian
1. Penilaian Ketrampilan
a. teknik penilaian : tes tertulis
b. bentuk : Uraian
c. Kisi- kisi
NO
|
INDIKATOR
|
BUTIR INSTRUMEN
|
1
|
Menjelaskan
perbedaan zat padat, cair dan gas
|
Butir soal 3
|
2
|
Menjelaskan
perbedaan unsur, senyawa dan campuran
|
Butir soal 1
|
3
|
Menjelaskan
perbedaan unsur, senyawa dan campuran
|
Butir soal 1
|
4
|
Menjelaskan perbedaan
unsur logam dan non logam
|
Butir soal 4
|
5
|
Menjelaskan cara
penulisan lambang atom menurut berzelius
|
Butir soal 5
|
d. Soal
1. Jelaskan perbedaan zat padat,
cair dan gas
2. Jelaskan perbedaan unsur, senyawa
dan campuran
3. SebUtkan contoh unsur, senyawa
dan campuran dalam kehidupan sehari-hari (masing-masing 2)
4. Jelaskan perbedaan unsur logam
dan non logam
5. Jelaskan tata cara penulisan
lambang atom menurut berzelius
e. Kunci Jawaban
1. Perbedaan zat padat, cair dan gas
|
Padat
|
Cair
|
Gas
|
Bentuk
|
tetap
|
Tetap berubah
|
|
Volume
|
tetap
|
Berubahsesuai
tempatnya
|
Berubah sesuai tempatnya
|
Gerak partikel
|
Terbatas pada
tempatnya
|
Agak bebas
|
Sangat bebas
|
Jarak antar
partikel
|
Sangat berdekatan
|
Agak berjauhan
|
Berjauhan
|
Gaya ikat antar
partikel
|
Sangat kuat
|
Agak kuat
|
Sangat lemah
|
2. Perbedaan unsur, senyawa dan
campuran
UNSUR
|
SENYAWA
|
CAMPURAN
|
-
Zat
tunggal tidak dapat diuraikan
-
Terdiri
atas satu jenis komponen
|
-
Zat
tunggal dapat diuraikan
-
Tersusun
dari dua komponen atau lebih
-
Perbandingan
massa zat penyusunnya tetap
|
-
Campuran
dapat diuraikan
-
Tersusun
dari dua komponen atau lebih
-
Perbandingannya
tidak tepat
|
3.
Contoh unsur
-
Oksigen
-
Nitrogen
|
Contoh senyawa
-
garam
dapur
-
air
|
Contoh campuran
-
tanah
-
udara
|
4. Perbedaan unsur logam dan non
logam
Logam
|
Non Logam
|
1. Berwujud padat pada suhu kamar
(kecuali raksa).
2. Dapat ditempa dan dapat
diregangkan.
3. Konduktor listrik dan panas.
|
. Ada yang berwujud padat,
cair, dan
gas.
2. Bersifat rapuh dan tidak
dapat
ditempa.
3. Nonkonduktor, kecuali grafit
|
5. Cara pemberian lambang unsur
berdasarkan Berzelius adalah sebagai berikut.
-
Setiap
unsur dilambangkan dengan satu huruf, yaitu huruf awal dari nama latinnya.
-
Huruf
awal ditulis dengan huruf kapital atau huruf besar.
-
Bagi
unsur yang memiliki huruf awal sama, ditambahkan atau diberikan satu huruf kecil
dari nama unsur tersebut.
f. Norma penilaian
No 1 skor maks = 4
No 2 skor maks = 4
No 3 skor maks = 4
No 4 skor maks = 4
No 5 skor maks = 4
|
Nilai = jumlah skor total x 10
2
|
Skor total = 4 x 5
= 20
|
H. Media, alat, bahan, sumber pembelajaran
1. Media
2. Alat dan bahan
Gula
pasir, sendok, air
3. Sumber Belajar
a. Wahono, dkk. 2016. Buku Guru
Ilmu Pengetahuan Alam SMP/Mts Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan
b.
Wahono, dkk. 2016. Buku Siswa Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VII
Tidak ada komentar:
Posting Komentar