RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
A.
Identitas
Satuan : SMP
Mata
Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam
Kelas/semester :
VII
/ 1
Materi Pembelajaran : Objek IPA dan Pengamatannya
Alokasi
Waktu :
2 X 40 menit
B.
Kompetensi Inti
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
4. Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
C.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi
KI
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3
|
3.1.
Memahami
konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri, makhluk hidup, dan
lingkungan fisik sekitar sebagai bagian dari observasi, serta pentingnya
perumusan satuan terstandar (baku) dalam pengukuran.
|
3.1.9. Mendefinisikan pengertian besaran pokok
3.1.10. Menyebutkan 7 besaran pokok
beserta satuannya
|
4
|
4.1.
Menyajikan hasil pengukuran terhadap
besaran-besaran pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik dengan menggunakan
satuan tak baku dan satuan baku.
|
4.1.3.Melakukan pengukuran besaran
panjang, massa, waktu
dengan alat ukur yang sering
dijumpai dalam kehidupan sehari-
hari.
|
D. Materi Pembelajaran
Besaran Pokok
Besaran Pokok adalah
besaran yang satuannya telah ditetapkan terlebih dahulu dan
tidak bergantung pada satuan-satuan
besaran lain.
Dalam Sistem Internasional, ada 7
besaran pokok, yaitu sebagai berikut.
No.
|
Besaran Pokok
|
Lambang
|
Satuan
|
Simbol satuan
|
1
|
Panjang
|
L
|
meter
|
m
|
2
|
Massa
|
m
|
kilogram
|
kg
|
3
|
Waktu
|
t
|
sekon
|
s
|
4
|
Kuat arus
|
I
|
ampere
|
A
|
5
|
Suhu
|
T
|
kelvin
|
K
|
6
|
Jumlah zat
|
N
|
mol
|
mol
|
7
|
Intensitas cahaya
|
I
|
candela
|
cd
|
1) Meter
Standar
Satu meter adalah jarak yang ditempuh
cahaya dalam selang waktu sekon. Alat ukur
yang digunakan untuk mengukur panjang
adalah meteran, penggaris, jangka sorong,
mikrometer sekrup.
2) Kilogram Standar
Satu kilogram adalah massa
silinder campuran Platina-Iridium yang disimpan di
International Bureau of
Weight and Measuresdi kota Sevres dekat Paris, Perancis.
Massa standar satu
kilogram dipilih sedemikian rupa sehingga sama dengan massa 1
liter air murni
pada suhu 4° C. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur massa suatu
benda padat adalah neraca
dua lengan atau neraca tiga lengan.
3)
Sekon Standar
Satuan waktu standar ditetapkan
berdasarkan jam atom Cesium.
Satu sekon didefinisikan sebagai
waktu yang diperlukan oleh atom Cesium-133
(Cs-133) untuk bergetar sebanyak
9.192.631.770 kali. Alat ukur yang digunakan untuk
menghitung waktu adalah stopwatch
dan jam tangan.
E.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan keempat ( 2 X 40 menit)
Kegiatan
|
Langkah-langkah
saintific
|
Deskripsi
kegiatan
|
Alokasi
waktu
|
Pendahuluan
|
Stimulasi
|
1.
Guru
memberi salam dan menyapa peserta didik.
2.
Peserta
didik berdoa untuk memulai pelajaran.
3.
Peserta
didik mengamati penggunaan salah satu alat ukur yang ditunjukkan guru,
misalnya neraca.
4.
Peserta
didik mendiskusikan hasil kegiatan “Mengamati Penggunaan Alat Ukur”
5.
Peserta
didik memahami tujuan pembelajaran yang disampaikan guru.
6.
Peserta didik dibagi menjadi 8 kelompok
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati
|
1)
Peserta
didik melakukan pengamatan sebuah meja yang dan menentukan besaran yang dapat
diukur dari benda tersebut.
2)
Peserta
didik menaksir panjang, lebar, dan tinggi meja dalam satuan cm, serta massa
buku dalam satuan gram.
|
20 menit
|
Menanya
|
Dalam kehidupan sehari-hari sering kita temui
besaran panjang, massa, dan waktu. Diharapkan peserta didik bertanya
berkaitan dengan pengamatan yang dilakukan hubungannya dengan besaran pokok.
|
20 menit
|
|
Mengumpulkan data
|
1. Peserta didik menggunakan mistar untuk mengukur panjang meja yang diamati.
2.
Peserta
didik menimbang massa
buku yang diamati menggunakan neraca.
3.
Peserta
didik dapat menentukan selang waktu dua ketukan tangan pada meja menggunakan
stopwatch.
|
30 menit
|
|
Mengasosiasikan
|
Peserta
didik melakukan diskusi tentang besaran pokok, contohnya, dan satuannya.
|
10 menit
|
|
Mengkomunikasikan
|
Peserta
didik menyusun laporan dan mempresentasikan hasil pengamatan dan
mendiskusikannya.
|
20 menit
|
|
Penutup
|
|
1)
Peserta
didik bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan ini.
2)
Guru
memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang
relevan) kepada kelompok yang berkinerja baik.
3)
Guru
menyampaikan informasi materi pada pertemuan berikutnya, yaitu: Besaran
Turunan.
|
10 menit
|
F.
Penilaian
1.
Penilaian Pengetahuan
a.
Teknik Penilaian : Tes
Tulis
b.
Bentuk Instrumen : Pilihan Ganda
Uraian
c.
Kisi-kisi:
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
|
Mendefinisikan pengertian
besaran pokok.
|
Soal uraian no 1
|
|
Menyebutkan besaran turunan
|
Soal
PG no. 2
|
|
Menyebutkan 7
besaran pokok
beserta satuannya
|
Soal Pilihan
Ganda No 1
Soal uraian no 2
|
|
Menjelaskan 3 langkah dalam penyelidikan IPA
|
Soal
uraian no.3
|
|
Menyebutkan 3 alat ukur besaran panjang
|
Soal
uraian no 4
|
|
Mengkonversi satuan
|
Soal
uraian no 5
|
Penilaian Pengetahuan (Tes Tulis)
Instrumen Tes Tulis:
|
Digunakan untuk menilai pengetahuan peserta didik
pada materi pokok Objek IPA dan Pengamatannya
|
Soal Pilihan Ganda :
1.
Besaran berikut ini yang merupakan besaran pokok adalah ....
A. massa, waktu,
luas
B. panjang,massa,
waktu
C. panjang, suhu,
volume
D. luas, volume,
massa jenis
2. Besaran berikut yang merupakan besaran turunan
adalah....
A. massa, waktu, luas
B. panjang,massa,
waktu
C. panjang, suhu,
volume
D. luas, volume,
massa jenis
Soal Uraian:
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas!!
1.
Jelaskan pengertian besaran pokok!
2. Sebutkan 7 besaran pokok beserta satuannya
dalam SI!
3. Jelaskan 3 langkah dalam penyelidikan IPA
4. Sebutkan 3 alat ukur besaran panjang
5. Konversikan satuan berikut
a. 2500 ml =............liter
b. 2000 gram = ........ Kg
Kunci Jawaban:
No.
|
Kunci
Jawaban
|
Skor
|
1.
|
B
|
1
|
2.
|
D
|
1
|
1.
|
Besaran yang satuannya didefinisikan
|
2
|
2.
|
Panjang, satuannya meter
Massa, satuannya kilogram
Waktu, satuannya sekon
Suhu, satuannya kelvin
Kuat arus, satuannya ampere
Jumlah zat, satuannya mole
Intensitas cahaya, satuannya kandela
|
7
|
3
|
Melakukan pengamatan
Menginferensi
-
Mengumpulkan
keterangan
-
Membuat
prediksi berdasarkan informasi
Mengkomunikasi
|
5
|
4
|
Mistar
Jangka sorong
Mikrometer sekrup
|
2
|
5
|
2500 ml = 2,5 liter
2000 gram = 2 kilogram
|
2
|
Skor maksimum
|
20
|
Nilai
=
|
Jumlah Skor yang Diperoleh
|
X
100
|
|
Skor Maksimum
|
2. Penilaian Keterampilan
a. Teknik Penilaian :
Tes Unjuk Kerja
b. Bentuk Instrumen : Lembar observasi
c. Kisi-kisi:
Penilaian Tes Unjuk Kerja 4
No.
|
Keterampilan
|
Butir Instrumen
|
|
Menaksir
tebal, lebar, dan panjang buku tersebut.
|
Tes Praktik3
|
|
Melakukan
pengukuran besaran panjang terhadap buku yang telah diamati.
|
Tes Praktik3
|
|
Menaksir
massa benda tersebut.
|
Tes Praktik3
|
|
Melakukan
pengukuran besaran massa terhadap benda yang telah diamati.
|
Tes Praktik3
|
|
Menaksir
waktu antara dua suara ketukan tangan pada meja.
|
Tes Praktik3
|
|
Menentukan
selang waktu tertentu.
|
Tes Praktik3
|
Penilaian Tes Unjuk Kerja 4
Tes Unjuk Kerja 4 :
|
Digunakan
untuk menilai keterampilan peserta didik dalam hal: 1) Menaksir panjang dan
lebar buku tersebut; 2) Melakukan pengukuran besaran panjang terhadap buku
yang telah diamati.; 3) Melakukan
pengukuran besaran massa terhadap benda yang telah diamati; 5) Menaksir waktu
antara dua suara ketukan tangan pada meja; dan 6) Menentukan selang waktu
tertentu.
|
Lembar Kerja 4
1.
Ambillah
buku tulis dan amati!
Taksirlah panjang dan lebar buku dalam satuan cm!
|
Menggunakan mistar, lakukan
pengukuran panjang, lebar buku!
|
Taksirlah massa buku yang kamu
amati dalam
satuan kg!
|
Menggunakan neraca, lakukan
pengukuran massa terhadap buku tersebut.
|
H. Mintalah temanmu untuk melakukan dua ketukan tangan pada meja dalam
selang waktu tertentu!
Catatan:
pada saat dua ketukan dilakukan temanmu menggunakan stopwach untuk mencatat selang waktu antara
dua ketukan tersebut, namun tidak memberitahu kamu tentang hasil pengukurannya.
Taksirlah
waktu antara dua ketukan tersebutdalam satuan sekon!
|
Gunakan
stopwach untuk menentukan selang waktu tertentu!
|
I.
Diskusikan,
apakah dekatnya hasil taksiran dengan hasil pengukuran sebenarnya dapat ditingkatkan dengan latihan? Untuk
mengujinya, berlatihlah menaksir dan kemudian
uji dengan hasil pengukuran!
Instrumen Lembar observasi Tes Unjuk Kerja 4
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor Penilaian
|
||
(3)
Baik
|
(2)
Cukup
|
(1)
Kurang
|
||
1
|
Kesesuaian
antara prediksi panjang dengan hasil pengukuran panjang
|
|
|
|
2
|
Kesesuaian
antara prediksi lebar dengan hasil pengukuran lebar
|
|
|
|
3
|
Kesesuaian
antara prediksi massa dengan hasil pengukuran massa
|
|
|
|
4
|
Kesesuaian
antara prediksi selang waktu antara dua ketukan dengan hasil pengukuran.
|
|
|
|
Jumlah Skor yang Diperoleh
|
|
Rubrik Penilaian
No
|
Indikator
|
Rubrik
|
1
|
Kesesuaian
antara prediksi panjang dengan hasil pengukuran panjang
|
3.
Memperoleh
kesesuaian tinggi antara prediksi
dan hasil pengukuran panjang yang telah dilakukan.
2.
Memperoleh
kesesuaian rendah antara prediksi
dan hasil pengukuran panjang yang telah dilakukan.
1.
Tidak
memperoleh kesesuaian antara
prediksi dan hasil pengukuran panjang yang telah dilakukan.
|
|
Kesesuaian
antara prediksi lebar dengan hasil pengukuran lebar
|
3.
Memperoleh
kesesuaian tinggi antara prediksi
dan hasil pengukuran lebar yang telah dilakukan.
2.
Memperoleh
kesesuaian rendah antara prediksi
dan hasil pengukuran lebaryang telah dilakukan.
1.
Tidak
memperoleh kesesuaian antara
prediksi dan hasil pengukuran lebar yang telah dilakukan.
|
|
Kesesuaian
antara prediksi massa dengan hasil pengukuran massa
|
3.
Memperoleh
kesesuaian tinggi antara prediksi
dan hasil pengukuran massa yang telah dilakukan.
2.
Memperoleh
kesesuaian rendah antara prediksi
dan hasil pengukuran massa yang telah dilakukan.
1.
Tidak
memperoleh kesesuaian antara
prediksi dan hasil pengukuran massa yang telah dilakukan.
|
|
Kesesuaian
antara prediksi ketukan dengan hasil pengukuran ketukan
|
3.
Memperoleh
kesesuaian tinggi antara prediksi
dan hasil pengukuran ketukan yang telah dilakukan.
2.
Memperoleh
kesesuaian rendah antara prediksi
dan hasil pengukuran ketukan yang telah dilakukan.
1.
Tidak
memperoleh kesesuaian antara
prediksi dan hasil pengukuran ketukan yang telah dilakukan.
|
Nilai
=
|
Jumlah Skor yang Diperoleh
|
X
100
|
|
Skor Maksimum
|
Tugas Proyek
Jenis Penugasan : Tugas Mandiri Tidak Terstruktur
A.
Identitas
Kelas : VII
Mata Pelajaran : IPA
Semester : 1 (satu)
- Kompetensi dasar: 4. 1. menyajikan data hasil pengukuran dengan alat ukur yang sesuai pada diri sendiri, mahluk hidup lain, da, benda-benda disekitar dengan menggunakan satuan baku dan satuan tidak baku
C.
Soal
: lakukan tugas Proyek mengamati suatu objek IPA dan amati objek tersebut
dengan panca indera. Catat dan deskripsikan hasil pengamatan tersebut dan
buatlah laporanya.
D.
Norma
Penilaian
NO
|
TAHAPAN
|
SKOR
(1 – 5)
|
1.
|
Penerapkan
tahap-tahap dalam penyelidikan IPA
|
|
2
|
Hasil
pengamatan yang meliputi,
- ragam
pengamatan
- penggunaan panca inera untuk pengamatan
yang bersifat kualitatif
dan kuantitatif
-
ketepatan hasil pengamatan dengan keadaan objek sebenarnya
|
5
5
5
5
|
|
Jumlah
skor
|
20
|
E.
Rubrik
Penilaian
NO
|
TAHAPAN
|
SKOR
|
SKOR
MAKSIMAL
|
1.
|
Penerapan
tahapan dalam penyelidikan IPA
|
|
5
|
Menggunakan
1 langkah
|
2
|
|
|
Menggunakan
2 langkah
|
3
|
|
|
Menggunakan
3 langkah
|
5
|
|
|
2
|
macam
ragam pengamatan
1
Macam
|
1
|
5
|
2
macam
|
2
|
|
|
3
macam
|
3
|
|
|
4
macam
|
4
|
|
|
5
macam
|
5
|
|
|
3
|
Penggunaan
panca indera untuk mendapatkan data kualitatif dan kuantitaif
|
|
5
|
Hanya
data kualitatif
|
3
|
|
|
Data
kualitatif dan kuantitaif
|
5
|
|
|
4
|
Ketepatan
hasil pengamatan dengan keadaan objek sebenarnya
|
|
5
|
Sangat
tepat
|
5
|
|
|
Agak
tepat
|
3
|
|
|
Kurang
tepat
|
1
|
|
|
SKOR
TOTAL
|
20
|
J.
Media,
alat, bahan, sumber pembelajaran
1.
Media
Benda atau gambar alat ukur panjang, massa, dan waktu
2.
Alat dan bahan
Alat: mistar, neraca, stopwatch, serta
benda-benda yang akan diukur
panjang, massa, waktunya.
3.
Sumber Belajar
a. Wahono, dkk. 2016. Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam SMP/Mts Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan: hal 27 - 46.
b. Wahono, dkk. 2016. Buku Siswa Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VII.
Edisi Revisi 2014. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: hal 1 - 31.
c. Buku referensi
lain yang relevan
Slots Casino Bonuses – Best Real Money Slots Online
BalasHapusLooking for 라이브 바카라 the best online slots casino bitcasino Bonuses? We have over 70+ real money Slots Casino bonuses including welcome 바카라 전략 offers & bonuses for US op사이트 Players. 업소 추천