Jumat, 14 September 2018

RPP OBJEK IPA DAN PENGAMATANYA


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

A.       Identitas

Satuan                              :  SMP
Mata Pelajaran               :  Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/semester                :  VII  / 1
Materi Pembelajaran     :  Objek IPA dan Pengamatannya
Alokasi Waktu                :  2 X 40 menit

B.      Kompetensi Inti
1.         Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.    Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.     Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.



C.      Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

KI
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi

3

3.1.   Memahami konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik sekitar sebagai bagian dari observasi, serta pentingnya perumusan satuan terstandar (baku) dalam pengukuran.


3.1.9.   Mendefinisikan pengertian besaran    pokok
3.1.10. Menyebutkan 7 besaran pokok beserta satuannya


4

4.1.   Menyajikan hasil pengukuran terhadap besaran-besaran pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik dengan menggunakan satuan tak baku dan satuan baku.

4.1.3.Melakukan pengukuran besaran  
         panjang, massa, waktu
         dengan alat ukur yang sering
         dijumpai dalam kehidupan sehari-
         hari.



D.      Materi Pembelajaran

Besaran Pokok
        Besaran Pokok adalah besaran yang satuannya telah ditetapkan terlebih dahulu dan  
        tidak bergantung pada satuan-satuan besaran lain.
        Dalam Sistem Internasional, ada 7 besaran pokok, yaitu sebagai berikut.         
No.
Besaran Pokok
Lambang
Satuan
Simbol satuan
1
     Panjang
         L
           meter
              m
2
     Massa
         m
           kilogram
              kg
3
     Waktu
         t
           sekon
              s
4
     Kuat arus
         I
           ampere
              A
5
     Suhu
         T
           kelvin
              K
6
     Jumlah zat
         N
           mol
              mol
7
     Intensitas cahaya
          I     
           candela
              cd
     
1) Meter Standar
     Satu meter adalah jarak yang ditempuh cahaya dalam selang waktu sekon. Alat ukur
     yang digunakan untuk mengukur panjang adalah meteran, penggaris, jangka sorong,
     mikrometer sekrup.
     2)  Kilogram Standar
          Satu kilogram adalah massa silinder campuran Platina-Iridium yang disimpan di
           International Bureau of Weight and Measuresdi kota Sevres dekat Paris, Perancis.
           Massa standar satu kilogram dipilih sedemikian rupa sehingga sama dengan massa 1
           liter air murni pada suhu 4° C. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur massa suatu
           benda padat adalah neraca dua lengan atau neraca tiga lengan.
     3)   Sekon Standar
           Satuan waktu standar ditetapkan berdasarkan jam atom Cesium.
           Satu sekon didefinisikan sebagai waktu yang diperlukan oleh atom Cesium-133
           (Cs-133) untuk bergetar sebanyak 9.192.631.770 kali. Alat ukur yang digunakan untuk
           menghitung waktu adalah stopwatch dan jam tangan.

E.       Kegiatan Pembelajaran
 Pertemuan keempat ( 2 X 40 menit)
Kegiatan
Langkah-langkah saintific
Deskripsi kegiatan
Alokasi waktu
Pendahuluan
Stimulasi
1.     Guru memberi salam dan menyapa peserta didik.
2.     Peserta didik berdoa untuk memulai pelajaran.
3.     Peserta didik mengamati penggunaan salah satu alat ukur yang ditunjukkan guru, misalnya neraca.
4.     Peserta didik mendiskusikan hasil kegiatan “Mengamati Penggunaan Alat Ukur”
5.     Peserta didik memahami tujuan pembelajaran yang disampaikan guru.
6.     Peserta didik dibagi menjadi 8 kelompok
10 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
1)    Peserta didik melakukan pengamatan sebuah meja yang dan menentukan besaran yang dapat diukur dari benda tersebut.
2)    Peserta didik menaksir panjang, lebar, dan tinggi meja dalam satuan cm, serta massa buku dalam satuan gram.
20 menit
Menanya
Dalam kehidupan sehari-hari sering kita temui besaran panjang, massa, dan waktu. Diharapkan peserta didik bertanya berkaitan dengan pengamatan yang dilakukan hubungannya dengan besaran pokok.
20 menit
Mengumpulkan data
1. Peserta didik menggunakan mistar untuk mengukur panjang meja yang diamati.
2.    Peserta didik menimbang massa buku yang diamati menggunakan neraca.
3.    Peserta didik dapat menentukan selang waktu dua ketukan tangan pada meja menggunakan stopwatch.
30 menit
Mengasosiasikan
Peserta didik melakukan diskusi tentang besaran pokok, contohnya, dan satuannya.
10 menit
Mengkomunikasikan
Peserta didik menyusun laporan dan mempresentasikan hasil pengamatan dan mendiskusikannya.
20 menit
Penutup

1)   Peserta didik bersama guru menyimpulkan hasil pembelajaran pada pertemuan ini.
2)   Guru memberikan penghargaan (misalnya pujian atau bentuk penghargaan lain yang relevan) kepada kelompok yang berkinerja baik.
3)   Guru menyampaikan informasi materi pada pertemuan berikutnya, yaitu: Besaran Turunan.
10 menit


F.      Penilaian

1.    Penilaian Pengetahuan
                  a.          Teknik Penilaian     :  Tes Tulis
                  b.          Bentuk Instrumen    :  Pilihan Ganda
                                  Uraian
                  c.          Kisi-kisi:
No.
Indikator
Butir Instrumen
  1.  
Mendefinisikan pengertian besaran pokok.
Soal uraian no 1
  1.  
Menyebutkan besaran turunan
Soal PG no. 2
  1.  
Menyebutkan 7 besaran pokok beserta satuannya
Soal Pilihan Ganda No 1
Soal uraian no 2
  1.  
Menjelaskan 3 langkah dalam penyelidikan IPA
Soal uraian no.3
  1.  
Menyebutkan 3 alat ukur besaran panjang
Soal uraian no 4
  1.  
Mengkonversi satuan
Soal uraian no 5

Penilaian Pengetahuan (Tes Tulis)
Instrumen Tes Tulis:
Digunakan untuk menilai pengetahuan peserta didik pada materi pokok Objek IPA dan Pengamatannya
Soal Pilihan Ganda :
1.        Besaran berikut ini yang merupakan besaran pokok adalah ....
A. massa, waktu, luas
B. panjang,massa, waktu
C. panjang, suhu, volume
D. luas, volume, massa jenis
          2.     Besaran berikut yang merupakan besaran turunan adalah....
     A. massa, waktu, luas
B. panjang,massa, waktu
C. panjang, suhu, volume
D. luas, volume, massa jenis

Soal Uraian:
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas!!
          1.   Jelaskan pengertian besaran pokok!
2.     Sebutkan 7 besaran pokok beserta satuannya dalam SI!
3.     Jelaskan 3 langkah dalam penyelidikan IPA
4.     Sebutkan 3 alat ukur besaran panjang
5.     Konversikan satuan berikut
a.       2500 ml =............liter
b.      2000 gram = ........ Kg
         Kunci Jawaban:
No.
Kunci Jawaban
Skor
1.
B
1
2.
D
1
1.
Besaran yang satuannya didefinisikan
2
2.
Panjang, satuannya meter
Massa, satuannya kilogram
Waktu, satuannya sekon
Suhu, satuannya kelvin
Kuat arus, satuannya ampere
Jumlah zat, satuannya mole
Intensitas cahaya, satuannya kandela

7
3
Melakukan pengamatan
Menginferensi
-          Mengumpulkan keterangan
-          Membuat prediksi berdasarkan informasi
Mengkomunikasi
5
4
Mistar
Jangka sorong
Mikrometer sekrup
2
5
2500 ml = 2,5 liter
2000 gram = 2 kilogram
2
Skor maksimum
20

Nilai =
Jumlah Skor yang Diperoleh
X 100

Skor Maksimum

      2. Penilaian Keterampilan
                       a.     Teknik Penilaian     :  Tes Unjuk Kerja
                       b.     Bentuk Instrumen    :  Lembar observasi
                       c.     Kisi-kisi:
           Penilaian Tes Unjuk Kerja 4
No.
Keterampilan
Butir Instrumen
  1.  
Menaksir tebal, lebar, dan panjang buku tersebut.
Tes Praktik3
  1.  
Melakukan pengukuran besaran panjang terhadap buku yang telah diamati.
Tes Praktik3
  1.  
Menaksir massa benda tersebut.
Tes Praktik3
  1.  
Melakukan pengukuran besaran massa terhadap benda yang telah diamati.
Tes Praktik3
  1.  
Menaksir waktu antara dua suara ketukan tangan pada meja.
Tes Praktik3
  1.  
Menentukan selang waktu tertentu.
Tes Praktik3
 
          Penilaian Tes Unjuk Kerja 4
Tes Unjuk Kerja 4 :
Digunakan untuk menilai keterampilan peserta didik dalam hal: 1) Menaksir panjang dan lebar buku tersebut; 2) Melakukan pengukuran besaran panjang terhadap buku yang telah diamati.; 3)  Melakukan pengukuran besaran massa terhadap benda yang telah diamati; 5) Menaksir waktu antara dua suara ketukan tangan pada meja; dan 6) Menentukan selang waktu tertentu.
         
          Lembar Kerja 4
1.        Ambillah buku tulis dan amati!
Taksirlah panjang dan lebar buku dalam satuan cm!

Menggunakan mistar, lakukan pengukuran panjang, lebar  buku!

Taksirlah massa buku yang kamu amati dalam satuan kg!

Menggunakan neraca, lakukan pengukuran massa terhadap buku tersebut.


H.      Mintalah temanmu untuk melakukan dua ketukan tangan pada meja dalam selang waktu tertentu!
Catatan: pada saat dua ketukan dilakukan temanmu menggunakan  stopwach untuk mencatat selang waktu antara dua ketukan tersebut, namun tidak memberitahu kamu tentang hasil pengukurannya.

Taksirlah waktu antara dua ketukan tersebutdalam satuan sekon!

Gunakan stopwach untuk menentukan selang waktu tertentu!

I.              Diskusikan, apakah dekatnya hasil taksiran dengan hasil pengukuran sebenarnya dapat ditingkatkan dengan latihan? Untuk mengujinya, berlatihlah menaksir dan kemudian uji dengan hasil pengukuran!

       Instrumen Lembar observasi Tes Unjuk Kerja 4
No
Aspek yang dinilai
Skor Penilaian
(3)
Baik
(2)
Cukup
(1)
Kurang
1
Kesesuaian antara prediksi panjang dengan hasil pengukuran panjang



2
Kesesuaian antara prediksi lebar dengan hasil pengukuran lebar



3
Kesesuaian antara prediksi massa dengan hasil pengukuran massa



4
Kesesuaian antara prediksi selang waktu antara dua ketukan dengan hasil pengukuran.



Jumlah Skor yang Diperoleh


       Rubrik Penilaian
No
Indikator
Rubrik
1
Kesesuaian antara prediksi panjang dengan hasil pengukuran panjang
3.         Memperoleh kesesuaian tinggi antara prediksi dan hasil pengukuran panjang yang telah dilakukan.
2.         Memperoleh kesesuaian rendah antara prediksi dan hasil pengukuran panjang yang telah dilakukan.
1.         Tidak memperoleh kesesuaian antara prediksi dan hasil pengukuran panjang yang telah dilakukan.
  1.  
Kesesuaian antara prediksi lebar dengan hasil pengukuran lebar
3.         Memperoleh kesesuaian tinggi antara prediksi dan hasil pengukuran lebar yang telah dilakukan.
2.         Memperoleh kesesuaian rendah antara prediksi dan hasil pengukuran lebaryang telah dilakukan.
1.         Tidak memperoleh kesesuaian antara prediksi dan hasil pengukuran lebar yang telah dilakukan.
  1.  
Kesesuaian antara prediksi massa dengan hasil pengukuran massa
3.         Memperoleh kesesuaian tinggi antara prediksi dan hasil pengukuran massa yang telah dilakukan.
2.         Memperoleh kesesuaian rendah antara prediksi dan hasil pengukuran massa yang telah dilakukan.
1.         Tidak memperoleh kesesuaian antara prediksi dan hasil pengukuran massa yang telah dilakukan.
  1.  
Kesesuaian antara prediksi ketukan dengan hasil pengukuran ketukan
3.         Memperoleh kesesuaian tinggi antara prediksi dan hasil pengukuran ketukan yang telah dilakukan.
2.         Memperoleh kesesuaian rendah antara prediksi dan hasil pengukuran ketukan yang telah dilakukan.
1.         Tidak memperoleh kesesuaian antara prediksi dan hasil pengukuran ketukan yang telah dilakukan.


Nilai =
Jumlah Skor yang Diperoleh
X 100

Skor Maksimum

       Tugas Proyek
       Jenis Penugasan : Tugas Mandiri Tidak Terstruktur

A.     Identitas
Kelas               : VII
Mata Pelajaran : IPA
Semester          : 1 (satu)

  1. Kompetensi dasar: 4. 1. menyajikan data hasil pengukuran dengan alat ukur yang sesuai pada diri sendiri, mahluk hidup lain, da, benda-benda disekitar dengan menggunakan satuan baku dan satuan tidak baku

C.     Soal : lakukan tugas Proyek mengamati suatu objek IPA dan amati objek tersebut dengan panca indera. Catat dan deskripsikan hasil pengamatan tersebut dan buatlah laporanya.

D.     Norma Penilaian
NO
TAHAPAN
SKOR (1 – 5)
1.
Penerapkan tahap-tahap dalam penyelidikan IPA

2
Hasil pengamatan yang meliputi,
-  ragam  pengamatan
-  penggunaan panca inera untuk pengamatan yang bersifat kualitatif
    dan kuantitatif
- ketepatan hasil pengamatan dengan keadaan objek sebenarnya
5
5
5

5

Jumlah skor
20

E.      Rubrik Penilaian
NO
TAHAPAN
SKOR
SKOR MAKSIMAL
1.
Penerapan tahapan dalam penyelidikan IPA

5
Menggunakan 1 langkah
2

Menggunakan 2 langkah
3

Menggunakan 3 langkah
5

2
macam ragam pengamatan
1 Macam

1
5
2 macam
2

3 macam
3

4 macam
4

5 macam
5

3
Penggunaan panca indera untuk mendapatkan data kualitatif dan kuantitaif

5
Hanya data kualitatif
3

Data kualitatif dan kuantitaif
5

4
Ketepatan hasil pengamatan dengan keadaan objek sebenarnya

5
Sangat tepat
5

Agak tepat
3

Kurang tepat
1

SKOR TOTAL
20


J.        Media,  alat, bahan, sumber pembelajaran
1.     Media
          Benda atau gambar alat ukur panjang, massa, dan waktu
2.     Alat dan bahan
          Alat: mistar, neraca, stopwatch, serta benda-benda yang akan diukur
          panjang, massa, waktunya.
    3.   Sumber Belajar
a. Wahono, dkk. 2016. Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam SMP/Mts Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: hal 27 - 46.
b. Wahono, dkk. 2016. Buku Siswa Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VII.
    Edisi Revisi 2014.  Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: hal 1 - 31.
c. Buku referensi lain yang relevan


1 komentar:

  1. Slots Casino Bonuses – Best Real Money Slots Online
    Looking for 라이브 바카라 the best online slots casino bitcasino Bonuses? We have over 70+ real money Slots Casino bonuses including welcome 바카라 전략 offers & bonuses for US op사이트 Players. 업소 추천

    BalasHapus