RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
SMP Negeri I Punggelan
Mata
Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam
Kelas
/ Semester : VII / 1
Alokasi
Waktu : 2 JP
A.
Kompetensi
Inti
1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya.
2. Menghargai
dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun,
percayadiri, dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
4.
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam
ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, danmembuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain
yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi
Dasar
3.3.
Memahami konsep campuran dan zat tunggal (unsur dan senyawa), sifat fisika
dan kimia, perubahan fisika dan kimia
dalam kehidupan sehari-hari.
4.3.
Menyajikan hasil penyelidikan atau karya tentang sifat larutan, perubahan
fisika dan perubahan kimia, atau pemisahan campuran
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.
Menjelaskan sifat fisika dan sifat kimia.
2. menggolongkan karakteristik
materi
3. menjelaskan unsur, senyawa dan
campuran
4. menjelaskan metode pemisahan
campuran
5. Menjelaskan sifat fisika dan
sifat kimia
6. Mendeskripsikan perubahan fisika dan perubahan kimia
D.
Tujuan Pembelajaran
1. Peserta Didik dapat menggolongkan
karakteristik materi
2. menjelaskan perbedaan unsur,
senyawa, dan campuran.
3. Peserta Didik dapat menyelidiki
bahan-bahan alam yang dapat dijadikan sebagai Indikator alami.
4. menjelaskan perbedaan berbagai
metode pemisahan campuran
5. menjelaskan aplikasi metode
pemisahan campuran dalam kehidupan sehari-hari.
6. membuat laporan mengenai hasil
percobaan tentang pemisahan campuran.
7. menentukan jenis benda atau zat
dengan membandingkan massa dan volume (massa jenis).
8. Mendeskripsikan perubahan fisika
dan perubahan kimia
E. Materi
Campuran dan Sifat Larutan Asam Basa
1. Ciri –ciri larutan asam adalah sebagai berikut.
a) Rasanya asam ( tidak boleh dicicipi kecuali makanan).
b) Dapat menimbulkan korosif.
c) Mengubah kertas lakmus biru menjadi merah.
Contoh larutan asam adalah hujan asam. Ketika terjadi hujan, air
yang dihasilkan bersifat lebih asam dari keadaan normal. Air hujan inilah yang
kita kenal dengan hujan asam.
Sifat dari larutan basa
adalah sebagai berikut.
a)rasanya pahit
b) Terasa licin di kulit dan berasa agak pahit
b) Mengubah kertas lakmus merah menjadi biru
3) Sifat dari Garam
Jenis senyawa garam yang paling kita kenal adalah garam dapur atau
nama senyawa kimianya natrium klorida (NaCl). Garam ini banyak digunakan dalam
pengolahan makanan. Senyawa garam dapat terbentuk karena salah satu reaksi asam
dan basa atau reaksi netralisasi. Pada reaksi netralilsasi tersebut dihasilkan
garam dan air. Asam + Basa Garam + Air. Garam seringkali digunakan dalam
kehidupan sehari-hari, antara lain untuk industri pupuk, obat-obatan,
pengolahan makanan, dan bahan pengawet. Contoh reaksi asam dan basa yang
membentuk berbagai jenis garam adalah sebagai berikut.
HCl+NaOH NaCl+H2O
Asam Klorida + Natrium Hidroksid Garam NaCl + air
4) Indikator
Indikator adalah suatu senyawa yang dapat digunakan untuk
mengidentifikasi asam dan basa. Indikator ada 2 jenis, yaitu indikator alami
dan indikator buatan.
a) Indikator alami
Berbagai jenis tumbuhan dapat digunakan sebagai indicator alami.
Tumbuhan yang termasuk indicator alami akan menunjukkan perubahan warna pada
larutan asam atau basa. Beberapa contoh tumbuhan yang termasuk indikator alami
adalah kunyit, bunga mawar, kubis merah, kubis ungu, dan bunga kembang sepatu.
b) Indikator buatan
Salah satu jenis indicator buatan yang bukan dalam bentuk larutan
cair adalah kertas lakmus. Kertas lakmus ada 2 jenis, yaitu lakmus biru dan
lakmus merah.
F.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 2 (2 JP)
Tahap
|
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
|
1.
Guru
melakukan apersepsi dan motivasi dengan menunjukkan beberapa larutan yaitu air
jeruk, larutan detergen, dan lainnya.
2.
Guru
menyampaikan kepada Peserta Didik tujuan pembelajaran yang akan dipelajari
yaitu klasifikasi campuran dan sifat asam basa.
3.
Guru
menyampaikan kepada Peserta Didik nilai yang diperoleh setela mempelajari bab
ini.
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati
Menanya
Mengumpulkan data
Mengasosiasi
Mengkomunikasi
|
1.
Guru
meminta Peserta Didik untuk mengamati larutan jeruk nipis dan larutan sabun.
2.
Peserta
Didik membuat pertanyaan tentang apa yang telah diamati.
3.
Peserta
Didik dibagi secara berkelompok untuk melakukan percobaan tentang bagaimana
membedakan larutan asam dan basa (kegiatan disesuaikan dengan buku siswa).
4.
Guru
menyarankan pada Peserta Didik secara berkelompok untuk mempelajari buku
siswa tentang materi dan perubahannya. Peserta didik mengidentifikasi sifat
larutan asam,basa.
5.
Peserta
didik mendiskusikan hasil pengamatan tentang sifat larutan.
6.
Peserta
Didik mengomunikasikan hasil percobaan tentang bagaimana membedakan larutan
asam dan basa.
7.
Peserta
Didik menjelaskan perbedaan sifat larutan asam dan basa.
Peserta
didik mempresentasikan hasil kerja kelompok
|
50 menit
|
Penutup
|
|
Guru bersama Peserta Didik menyimpulkan
hasil percobaan yang telah dilakukan dan menjawab pertanyaan di awal
pembelajaran serta menyimpulkan perbedaan sifat larutan asam dan basa.
|
15 menit
|
G. Penilaian
1.
Teknik
Penilaian : - Tes
Tulis
-
Penugasan Terstruktur membuat laporan
tertulis kegiatan
praktikum asam, basa dan garam (format
terlampir)
2. Bentuk Instrumen :
Pilihan Ganda
Uraian
3.
Kisi-kisi:
No
|
Indikator
|
Instrumen
|
1
|
Menyebutkan
sifat asam
|
No.no.
3 uraian 1 uraian
|
2
|
Menyebutkan contoh zat yang bersifat asam dan contoh
zat yang bersifat basa masing-masing 3
|
No. 2
uraian
|
3
|
Menjelaskan
reaksi pembentukan garam
|
|
4
|
Menyebutkan
contoh garam dalam kehidupan sehari-hari
|
No. 4
uraian
|
5
|
Menyebutkan
contoh indikator alami untuk uji asam basa
|
No. 5
uraian
|
4.
Soal
1)
Sebutkan sifat-sifat asam.
2)
Sebutkan masing-masing 2 contoh zat yang bersifat asam dan contoh zat yang bersifat basa.
3)
Jelaskan reaksi pembentukan garam.
4)
Sebutkan contoh garam dalam kehidupan sehari-hari.
5)
Sebutkan contoh indikator alami untuk uji asam-basa.
5.
Kunci Jawaban
1.
Sifat asam
-
Rasanya asam
-
Dersifat kaustik
-
Menghasilkan ion H+ jika terurai dalam air
2.
Contoh zat yang bersifat asam
-
Asam klorida
-
Cuka
Contoh zat yang
bersifat basa
-
Sabun
-
Pasta gigi
3.
Rekasi pembuatan garam
Asam
+ basa garam + air
4.
Contoh garam dalam kehidupan sehari-hari
-
Garam dapur
-
Garam inggris
-
Soda kue
5.
Contoh indikator alami
-
bunga sepatu
-
kulit manggis
6.
Norma Penilaian
Tiap soal skor 4, jumlah skor maksimal = 4 x 5 = 20
Nilai = skor total x 5
H. Media, alat, bahan dan sumber belajar
1. Media
2. Alat dan bahan
3. Sumber Belajar
a. Wahono, dkk. 2016. Buku Guru
Ilmu Pengetahuan Alam SMP/Mts Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan
b.
Wahono, dkk. 2016. Buku Siswa Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VII
Tidak ada komentar:
Posting Komentar