Senin, 09 Januari 2017

RPP Unsur, Senyawa, Campuran 2



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                 : SMP Negeri I Punggelan
Mata Pelajaran    : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester   : VII / 1
Alokasi Waktu     :  2  JP

A.       Kompetensi Inti
1.      Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percayadiri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

3.      Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, danmembuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.       Kompetensi Dasar
3.3. Memahami konsep campuran dan zat tunggal (unsur dan senyawa), sifat fisika dan  kimia, perubahan fisika dan kimia dalam kehidupan sehari-hari.
4.3. Menyajikan hasil penyelidikan atau karya tentang sifat larutan, perubahan fisika dan perubahan kimia, atau pemisahan campuran

C.     Indikator Pencapaian Kompetensi

1. Menjelaskan sifat fisika dan sifat kimia.
2. menggolongkan karakteristik materi
3. menjelaskan unsur, senyawa dan campuran
4. menjelaskan metode pemisahan campuran
5. Menjelaskan sifat fisika dan sifat kimia
6. Mendeskripsikan perubahan fisika dan perubahan kimia

D.     Tujuan Pembelajaran
1.      Peserta Didik dapat menggolongkan karakteristik materi
2.      menjelaskan perbedaan unsur, senyawa, dan campuran.
3.      Peserta Didik dapat menyelidiki bahan-bahan alam yang dapat dijadikan sebagai Indikator alami.
4.      menjelaskan perbedaan berbagai metode pemisahan campuran
5.      menjelaskan aplikasi metode pemisahan campuran dalam kehidupan sehari-hari.
6.      membuat laporan mengenai hasil percobaan tentang pemisahan campuran.
7.      menentukan jenis benda atau zat dengan membandingkan massa dan volume (massa jenis).
8.      Mendeskripsikan perubahan fisika dan perubahan kimia

E.     Materi
Campuran dan Sifat Larutan Asam Basa
1. Ciri –ciri larutan asam adalah sebagai berikut.
a) Rasanya asam ( tidak boleh dicicipi kecuali makanan).
b) Dapat menimbulkan korosif.
c) Mengubah kertas lakmus biru menjadi merah.
Contoh larutan asam adalah hujan asam. Ketika terjadi hujan, air yang dihasilkan bersifat lebih asam dari keadaan normal. Air hujan inilah yang kita kenal dengan hujan asam.
 Sifat dari larutan basa adalah sebagai berikut.
a)rasanya pahit
b) Terasa licin di kulit dan berasa agak pahit
b) Mengubah kertas lakmus merah menjadi biru
3) Sifat dari Garam
Jenis senyawa garam yang paling kita kenal adalah garam dapur atau nama senyawa kimianya natrium klorida (NaCl). Garam ini banyak digunakan dalam pengolahan makanan. Senyawa garam dapat terbentuk karena salah satu reaksi asam dan basa atau reaksi netralisasi. Pada reaksi netralilsasi tersebut dihasilkan garam dan air. Asam + Basa Garam + Air. Garam seringkali digunakan dalam kehidupan sehari-hari, antara lain untuk industri pupuk, obat-obatan, pengolahan makanan, dan bahan pengawet. Contoh reaksi asam dan basa yang membentuk berbagai jenis garam adalah sebagai berikut.
HCl+NaOH NaCl+H2O
Asam Klorida + Natrium Hidroksid Garam NaCl + air
4) Indikator
Indikator adalah suatu senyawa yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi asam dan basa. Indikator ada 2 jenis, yaitu indikator alami dan indikator buatan.
a) Indikator alami
Berbagai jenis tumbuhan dapat digunakan sebagai indicator alami. Tumbuhan yang termasuk indicator alami akan menunjukkan perubahan warna pada larutan asam atau basa. Beberapa contoh tumbuhan yang termasuk indikator alami adalah kunyit, bunga mawar, kubis merah, kubis ungu, dan bunga kembang sepatu.
b) Indikator buatan
Salah satu jenis indicator buatan yang bukan dalam bentuk larutan cair adalah kertas lakmus. Kertas lakmus ada 2 jenis, yaitu lakmus biru dan lakmus merah.
F.      Kegiatan Pembelajaran Pertemuan 2 (2 JP)
Tahap

Kegiatan Pembelajaran
Waktu
Pendahuluan

1.      Guru melakukan apersepsi dan motivasi dengan menunjukkan beberapa larutan yaitu air jeruk, larutan detergen, dan lainnya.
2.      Guru menyampaikan kepada Peserta Didik tujuan pembelajaran yang akan dipelajari yaitu klasifikasi campuran dan sifat asam basa.
3.      Guru menyampaikan kepada Peserta Didik nilai yang diperoleh setela mempelajari bab ini.
15 menit
Kegiatan Inti
Mengamati


Menanya



Mengumpulkan data













Mengasosiasi


Mengkomunikasi
1.      Guru meminta Peserta Didik untuk mengamati larutan jeruk nipis dan larutan sabun.
2.      Peserta Didik membuat pertanyaan tentang apa yang telah diamati.
3.      Peserta Didik dibagi secara berkelompok untuk melakukan percobaan tentang bagaimana membedakan larutan asam dan basa (kegiatan disesuaikan dengan buku siswa).
4.      Guru menyarankan pada Peserta Didik secara berkelompok untuk mempelajari buku siswa tentang materi dan perubahannya. Peserta didik mengidentifikasi sifat larutan asam,basa.
5.      Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatan tentang sifat larutan.
6.      Peserta Didik mengomunikasikan hasil percobaan tentang bagaimana membedakan larutan asam dan basa.
7.      Peserta Didik menjelaskan perbedaan sifat larutan asam dan basa.

Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok
50 menit
Penutup

Guru bersama Peserta Didik menyimpulkan hasil percobaan yang telah dilakukan dan menjawab pertanyaan di awal pembelajaran serta menyimpulkan perbedaan sifat larutan asam dan basa.
15 menit

G.     Penilaian
1.      Teknik Penilaian    :  -      Tes Tulis
-            Penugasan Terstruktur membuat laporan tertulis kegiatan
  praktikum asam, basa dan garam (format terlampir)
2.      Bentuk Instrumen  :  Pilihan Ganda
                                               Uraian
3.      Kisi-kisi:
No
Indikator
Instrumen
1
Menyebutkan sifat asam
No.no. 3 uraian 1 uraian
2
Menyebutkan  contoh zat yang bersifat asam dan contoh zat yang bersifat basa  masing-masing 3
No. 2 uraian
3
Menjelaskan reaksi pembentukan garam

4
Menyebutkan contoh garam dalam kehidupan sehari-hari
No. 4 uraian
5
Menyebutkan contoh indikator alami untuk uji asam basa
No. 5 uraian
4.      Soal
1)      Sebutkan sifat-sifat asam.
2)      Sebutkan masing-masing 2 contoh zat yang bersifat asam dan  contoh zat yang bersifat basa.
3)      Jelaskan reaksi pembentukan garam.
4)      Sebutkan contoh garam dalam kehidupan sehari-hari.
5)      Sebutkan contoh indikator alami untuk uji asam-basa.
5.      Kunci Jawaban
1.      Sifat asam
-          Rasanya asam
-          Dersifat kaustik
-          Menghasilkan ion H+ jika terurai dalam air
2.      Contoh zat yang bersifat asam
-          Asam klorida
-          Cuka
Contoh zat yang bersifat basa
-          Sabun
-          Pasta gigi
3.      Rekasi pembuatan garam
Asam + basa              garam + air
4.      Contoh garam dalam kehidupan sehari-hari
-          Garam dapur
-          Garam inggris
-          Soda kue
5.      Contoh indikator alami
-          bunga sepatu
-          kulit manggis      
6.      Norma Penilaian
Tiap soal skor 4, jumlah skor maksimal = 4 x 5 = 20
Nilai = skor total x 5
H.    Media, alat, bahan dan sumber belajar
1.      Media
      
2.     Alat dan bahan
       
3.  Sumber Belajar
a. Wahono, dkk. 2016. Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam SMP/Mts Kelas VII. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
b. Wahono, dkk. 2016. Buku Siswa Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs Kelas VII

Tidak ada komentar:

Posting Komentar