RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMP
Mata pelajaran : IPA
Kelas/Semester : VII/1
Alokasi Waktu : 2 Jam
Pelajaran
A.
Kompetensi
Inti (KI)
- Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
- Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
- Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
- Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No
|
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
3
|
3.4 Memahami
konsep suhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor, dan penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada
manusia dan hewan.
|
3.4.1. Menjelaskan pengertian suhu .
3.4.2.Menyebutkan macam -macam termometer.
3.4.3.Menjelaskan kelebihan dan kelemahan termometer air raksa.
3.4.4.Menyebutkan titik tetap atas dan titik tetap bawah
termometer celcius.
3.4.5. menentukan
konversi skala suhu dari Celcius ke Fahrenheit,Reamur dan Kelvin.
|
4
|
4.4
Melakukan percobaan untuk menyelidiki pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud
benda serta perpindahan kalor
|
4.4.1. Melakukan percobaan mengukur suhu benda dengan
menggunakan termometer.
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa dapat
menjelaskan definisi suhu.
2.
Siswa dapat menjelaskan
berbagai jenis thermometer dan fungsinya.
3.
Melakukan
pengukuran suhu dengan menggunakan thermometer.
4.
Siswa
dapat menentukan skala suhu dengan melakukan pengukuran suhu dengan menggunakan
thermometer
5.
Siswa
dapat menentukan skala thermometer tak berskala dengan membandingkan dengan
temometer berskala
6.
Siswa
dapat menjelaskan definisi pemuaian.
D.
Materi
Pembelajaran
Pertemuan Pertama (2 JP)
Pengertian
Suhu dan Termometer.
Pertemuan I
dimaksudkan untuk menumbuhkan pemahaman kepada peserta didik tentang suhu
sebagai tingkat panas benda dan indra perasa bukan pengukur suhu yang handal.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh guru:
a.
Suhu
menyatakan derajat panas benda,
2)
2)Secara
mikroskopik, suhu berkaitan dengan gerak partikel-partikel penyusun benda.
Untuk benda padat, berupa getaran atom-atom/molekul-molekul penyusun benda.
Semakin cepat getaran partikelpartikel benda, berarti suhu benda semakin
tinggi, dan sebaliknya.
3)
Pengukuran
suhu dengan termometer memanfaatkan prinsip kesetimbangan termal: energi panas
akan pindah dari benda bersuhu tinggi ke benda bersuhu rendah, hingga tingkat
panas keduanya sama (berada pada kesetimbangan termal).
4)
Termometer
memanfaatkan sifat fisis bahan yang berubah secarlinear karena perubahan suhu.
Perubahan ini meliputi: Perubahan ukuran (benda mengalami pemuaian jika suhu
naik, dan mengalami penyusutan jika suhu turun), misalnya: termometer zat cair.
a) Perubahan
ukuran (benda mengalami pemuaian jika suhu naik, dan mengalami penyusutan jika
suhu turun), misalnya:termometer zat cair.
b)
Perubahan
volume gas pada tekanan tetap. Ingat hukum Boyle- Gay Lussac: Jadi, jika suhu
naik, maka volume gas akan naik asalkan tekanan tetap. Digunakan untuk
termometer gas.
c) Perubahan
resistivitas: secara umum, semakin tinggi suhu benda maka hambatan listriknya semakin
besar. Digunakan untuk termometer hambatan listrik.
d)
Perubahan
warna kristal cair tertentu: jika suhu berubah, warna kristal berubah.
Digunakan untuk termometer suhu badan yanglebih praktis. PV= kT, atau PV
= kT
e) Perubahan
warna benda pijar: semakin panas, warna akan bergeser ke arah ungu. Digunakan
untuk pirometer optis. Miskonsepsi tentang suhu:
1. Mempertukarkan
pemahaman tentang suhu dan kalor, anggapan peserta didik (yang salah): segelas
besar air 80oC dituang ke dalam
2. 2 gelas
kecil, banyak peserta didik berpikir, suhu di masing-masing gelas 40oC.
Demikian juga sebaliknya.
3. Salah paham
tentang esensi skala suhu: suatu benda yang diukur dengan termometer skal C, F,
dan R ternyata menghasilkan angka yang berbeda; banyak peserta didik berpikir
tingkat panas benda itu pasti berbeda (padahal perbedaan itu hanya karena skala
suhunya berbeda).
E.
Kegiatan
Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama: (2 JP)
a. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1)
Guru
memberi salam dan menyapa peserta didik
2)
Guru
menunjukan sebuah termometer
3)
Guru
bertanya apa kegunaan alat tersebut
4)
Guru
menentukan tujuan pembelajaran
5)
Guru
menyampaikan kompetensi yang akan dicapai
6)
Guru
menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan yang akan dilakukan
b. Kegiatan Inti (60 menit)
1)
Peserta
didik membentuk kelompok,dengan jumlah anggota 3-5 anak.
· Mengamati
2)
Peserta
didik mencoba mencelupkan tangan pada air sumur,air es dan air panas
· Menanya
3)
Guru
menanyakan kepada peserta didik bagaimana rasanya ketika tangan menyentuh air
sumur,air es dana air panas
4)
Guru
bercerita apa yang terjadi ketika tubuh kita demam, kemudian memberi kesempatan
pada peserta didik menanggapi
5)
Guru
memberi tantangan kepada peserta didik untuk menemukan jawaban terhadap
Kegiatan yang terdapat pada Buku Siswa “Apakah Indra Kita Pengukur Suhu yang
Handal?”.
· Mengumpulkan
informasi/data-menalar/mengasosiasi
6)
Peserta
didik berdiskusi untuk mendeskripsikan pengertian suhu
7)
Guru
meminta peserta didik untuk mengukur suhu badan,air es dan air panas dengan
termometer yang tersedia di laboratorium IPA
8)
Peserta
didik melihat sekala perubahan termometer yang digunakan
9)
Guru
meminta siswa mengumpulkan data pengukuran tersebut
· Mengkomunikasikan
10)
Peserta
didik mencoba mempersentasikan kesimpulan hasil diskusi kelompok
11)
Guru membantu mengeksplorasikan jawaban dari data
yang dikumpulkan
12)
Guru
mengklarifikasikan cara pengukuran suhu yang paling tepat
c. Kegiatan Penutup (10 menit)
1)
Peserta
didik dengan dibantu guru melakukan
refleksi
2)
Guru
menyampaikan informasi materi pada pertemuan berikutnya
3)
Guru
memberikan tugas untuk menyiapkan alat untuk pertemuan berikutnya
1.
Alat
dan Bahan
a.
Alat
Nama
Alat dan Bahan
|
Spesifikasi
|
Jumlah
|
1.
Termometer raksa/alkohol
2.
Gelas Ukur
3.
Spidol
4.
Pemanas Spiritus
5.
Air es air biasa dan air panas
|
Tanpa
skala
500
ml
Berwarna
|
2
buah
2
buah
1
buah
1 buah
|
b.
Media:
termometer, gambar dalam ppt tentang mekanisme berbagai jenis termometer.
c.
Sumber
Belajar
a)
Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan.2016 Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam SMP/MTs kelas VII.
Jakarta Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan .(halaman 85-104)
b)
Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan.2016 Buku Siswa Pengetahuan Alam SMP/MTs kelas VII.
Jakarta Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan .(halaman 133-145)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar